PROGRAM KEAHLIAN

MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS (MPLB)

 

Manajenem Perkantoran dan Layanan Bisnis(MPLB) merupakan salah satu program keahlian yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Program Keahlian Manajenem Perkantoran dan Layanan Bisnis(MPLB) SMK Muhammadiyah 1 Wates bertujuan untuk menyiapkan siswa/ tamatan yang berkompeten di bidang Manajemen Perkantoran yaitu proses pengolahan data dan informasi suatu perusahaan maupun lembaga untuk menghasilkan laporan administrasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang membutuhkan.

Foto : Laboraturium MPLB

Program ini menawarkan keterampilan di bidang komunikasi Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, persuratan manual maupun elektrik, pengoperasian peralatan perkantoran (komputer, mesin photocopy, mesin scanner), pelayanan publik, pengelolaan keuangan, dan lain-lain. Dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program MPLB bekerja sama dengan perusahaan, BUMN, dan kantor-kantor pemerintah yang ada di lingkungan kabupaten Kulon Progo. Kerja sama dengan program MPLB antara lain: Kantor Pemda, Kantor Perpustakaan Daerah, Kantor DPRD, Kantor Samsat, Kantor Balai Dikmen, Kantor Dinas Kesehatan, Shinta Motor, Kantor Statistik, Kantor Dukcapil, dan Hotel Cavington Yogyakarta.

Peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusan Manajenem Perkantoran dan Layanan Bisnis(MPLB) sebagai staf administrasi di berbagai sekolah, organisasi atau lembaga, staf pemasaran online/ offline. Pembelajaran pada program keahlian Otomasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) menitikberatkan pada pembelajaran administrasi perkantoran secara manual dan administrasi perkantoran secara digital. Adapun bidang pekerjaan bagi tamatan program keahlian Manajenem Perkantoran dan Layanan Bisnis(MPLB) sebagai berikut:

  1. menangani penerimaan/pengiriman surat/ dokumen/ korespondensi,
  2. mengatur otomatisasi tata kelola keuangan,
  3. membaca dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar,
  4. memproduksi dokumen di komputer,
  5. mengoperasikan aplikasi perangkat lunak,
  6. menggunakan otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana,
  7. mengelola kearsipan,
  8. menerapkan produk kreatif dan kewirausahaan,
  9. menciptakan otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan,
  10. menulis dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar,
  11. memelihara Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian,
  12. mengakses data di komputer/ simulasi dan komunikasi digital,
  13. membuat surat/ dokumen elektronik.

enlightened

Tinggalkan Komentar